Menu Close

Pemasangan Power Steering untuk APV GA

[metaslider id=17]Pemasangan ini didasari dari komplain yg rental mobil ane mengeluhkan setir berat.Mungkin karena terbiasa Ane jadi ga ngerasa berat. Baru kerasa setelah bawa city tour tamu dari arab selama 10 hari. Badan cape sekali, terutama tangan pegel2 banget nggak karuan.

Selesai urusan dengan tamu, perburuan power steering pun dimulai. Tanya-tanya di Jakarta dan Bandung bahkan telepon ke Semarang, jawaban hampir sama… Harga power steering APV kisaran 5 – 6 jutaan. Jika serius didiskon 500rb. mentok di 5,5jt. Coba tanya pake copotan ex Singapura, ternyata bukan orisinil APV, tapi rata2 pake punya kijang kapsul. Harga kisaran 2,5 sampai 3,5jt, terima jadi.

Setelah dihitung2 dan pikir2, akhirnya pilihan jatuh beli part semua baru dengan pertimbangan, harga cuma beda 500rb. tapi semua part orisinal dan baru, serta bergaransi tukar baru bila ada masalah, dan umur pakai yang bisa bertahan hingga tahunan. Pemasangan diputuskan dilakukan sendiri, Berikut adalah daftar belanjaan power steering yang baru:
1, Power steering rack. (SGP = Suzuki Genuine Part = part resmi OEM)
2. Pompa power steering.(OEM)
3. Selang bertekanan tinggi (beli di tango motor (kw1), harga kurang 1/4nya, SGP rp. 672.200)
4. Selang kembali/return hose (SGP)
5. Tangki Oli (SGP)
6. Bracket untuk tangki oli ada 2 buah. (SGP)
7. Bracket untuk pompa oli (SGP)
8. 2 buah gasket pressure terbuat dari kuningan (SGP)
9. Selang hisap (SGP)
10. 2 buah Union (baut berlubang) (SGP)
11. Pipe return gear side. (SGP) bentuknya seperti pipa dengan mur, panjang +/- 7,5cm
12. water pump belt. Sabuk p/s lebih panjang dari yang non p/s
13. baut2 ukuran kunci 10, 12, dan 14.
14. klamp2 untuk pengencang selang.
15. 4 botol oli power steering ukuran 300ml.
16. Tipseal untuk sambungan pipa.

parts-1
parts-2

Ternyata cuma sedikit tidak serumit yang dibayangkan.

Siapkan seluruh peralatan yang memadai seperti pengganjal mobil, dongkrak, alas buat ngolong, dll. Salah satunya ini yang penting:

tools

Tahap-tahap pengerjaan :
1. Dongkrak mobil dan lepas kedua ban depan

2. Pasang pengganjal body mobil, Ane pake velg di tumpuk 2 biji karena ga punya pengganjal. Pastikan rem tangan di tarik penuh di tambah ganjal roda belakang. Setelah semua dipastikan aman, baru ke tahap selanjutnya.

3. Buka 2 buah tutup plastik bawah depan dan tengah mengunakan obeng minus untuk klipnya dan obeng plus skrupnya.

4. Buka palang plat besi depan (deket kompressor ac) 4 baut.

5. Lepas end tie rod kiri dan kanan. Lepas dulu pin pengunci dan mur dengan kunci soket 14. Pergunakan trakker tie rod jika punya. kalo nggak punya, ketok dengan palu berkali kali sampai lepas.

ketok dengan palu

6. Lepas 2 baut klem, satu baut panjang dan 1 baut penghubung dengan as kemudi di steering rack. Jumlahnya 4 baut.Tarik keluar.

7. Periksa end tie rod, jika masih bagus, pindahkan ke steering rack yang baru. Kalo Ane di ganti semuanya sekalian, dengan pertimbangan sudah 8 tahun belum diganti, padahal masih bagus yang sebelah kiri.

8. Pasang steering rack seperti kebalikan dari melepas. Jangan lupa pasang Pipe return gear side dahulu diluar. kencangkan.

9. Pasang selang bertekanan. sambungkan selang dengan union dan gasket kuningan ke steering rack. Ikuti arah lekukan selang sampai bawah jok penumpang….

sambungan ke setir

…Kencangkan (lebih kencang biar nggak bocor). gunakan tipseal pipa (putih) untuk unionnya. gunakankan kunci soket 23

10. Pasang return hose ikuti lekukan selang, dan pasang klem ke bodi modi. (di mobil sudah tersedia lobangnya, tinggal plug and play.)

11. Pasang braket pompa ke bracket kompresor a/c. Lubang sudah tersedia tinggal pasang. ada 3 lubang baut, kencangkan.

12. Kendurkan tension bearing, lepaskan sabuk

13. Pasang pompa oli p/s di braket tersebut. agak sedikit sulit karena ruang pasang yang terbatas. ada 3 baut yg harus dipasang, lalu kencangkan

14. Sambungkan selang high pressure ke pompa oli p/s dengan union (pakai tipseal putih untuk pipa), jangan lupa pasang gasket kuningannya. kencangkan (lebih kencang biar nggak bocor). pakai kunci soket 23 dan tangkai perpanjangannya.

15. Pasang sucktion hose. di klem sekalian

16. Pasang braket untuk dudukan tanki oli p/s. pasang tangki oli p/s ke bracket tsb.

17. sambungkan selang suction ke lubang saluran paling bawah di tabung oli p/s . klem biar kencang

tangki oli power steering

18. Sambungkan selang return ke lubang saluran sebelah atas. klem biar kencang.

19. Pasang sabuk baru yg lebih panjang. kencangkan secukupnya.

20. Periksa semua sambungan2 untuk memastikan tidak ada yg terlewat.

21. Isi oli power steering sampai penuh.

22. Jalankan mesin. isi lagi oli power steering sampai batas atas maksimal sesuai pada petunjuk di botol.

23. Putar beberapa kali sampai mentok kiri-kanan untuk melepaskan udara yg terperangkap. cek batas atas, jika kurang tambah lagi olinya.

24. Periksa apakah ada kebocoran. coba beberapa menit di rpm tinggi untuk membuang angin.biarkan mobil stationer selama beberapa menit. (+/- 15 menit)

25. Periksa dan pastikan tidak ada kebocoran oli

26. Cari titik tengah setir : putar kiri sampai mentok, kemudian putar kanan sampai mentok. jumlah seluruh putaran di bagi 2. didapat tengahnya.

27. Pasang kembali end tie rod ke sumbu / as roda depan kiri dan kanan. jika terlalu menjorok kedalam atau keluar, setel long tie rod, sehingga posisi roda lurus.

28. Pasang kembali plastik kover bawah, roda kiri kanan, dan kencangkan.

SELESAI.

Bawa mobil ke bengkel terdekat untuk penyesuaian akhir dan penyesuaian wheel alignment. Hasilnya setir jadi enteeeeng banget…

Sumber : Garasi APV @ Kaskus

 

 

Setelah pemasangan power steering, mobil Ane bawa ke bengkel untuk setel wheel alignment (spooring). Ketika mobil diangkat, Ane iseng ngolong lihat hasil karya pemasangan ternyata ada oli yang menetes… Waduh sempet kesel juga karena tadi di periksa nggak ada yang bocor.
Selesai di spooring Ane langsung pulang, lantas mobil di dongkrak lagi tanpa buka ban depan… Di cek lebih seksama ternyata kebocoran bukan dari sambungan selang dsb, tapi dari dinding pompa oli! Rupanya pori2nya bermasalah, mungkin ketika dicetak kurang matang bahannya, sehingga pori2nya ga padat. (mungkin terlewat dari pantauan staff kendali mutu atau mungkin produk palsu)

Walhasil Ane langsung lapor sama toko untuk lapor masalahnya dan minta tukar dengan komponen baru, sayangnya harus nunggu satu hari buat pompa oli pengganti. Setelah komponen pengganti sudah ada akhirnya dibongkar lagi deh…

Ini sumber kebocorannya :

sumber bocor oli power steering

Dan komponen penggantinya :

komponen pengganti

Dari tampilannya, pompa pengganti lebih bagus. Lalu setelah dipasang ternyata oke dan tidak ada bocor lagi… Siip deh..:D

enjoy the ride!

 

Sumber : pompa oli p/s bocor

    • Categories: MESIN
Follow by Email
YouTube
Instagram